-->

3 Pasukan Elit Indonesia Yang Disgani Dunia

advertise here

TNI atau Tentara Nasional Indonesia adalah angkatan perang negara Indonesia.Pada saat ini kekuatan TNI berada diurutan ke 14 dunia dan mampu mengungguli Israel dan Australia.
Kesatuan TNI sendiri mempunya beberapa Pasukan Elit Khusus dari masing masing kesatuannya.Dari TNI AD ada Komando Pasukan Khusus ( KOPASUS ),dari TNI AU ada Pasukan Khas (PASKHAS) dan dari TNI AL ada Datasemen Jalamangkara ( DENJAKA)
Berikut ini saya akan menjabarkan sedikit tentang Pasukan Elit Khusus ini.

Di Asia sendiri Kekuatan TNI berada di posisi ke 6 di bawah pakistan.Sedangkan di Asia Tenggara (ASEAN) ,Kekuatan TNI beradi di posisi puncak , mengungguli Vietna dan Thailand juga negara tetangga kita Malaysia.


1.KOPASUS
Komando Pasukan Khusus atau sering disebut Kopasus adalah pasukan khusus dari TNI angkatan darat.Pasukan baret mehah ini mempunyai kemampua khusus bergerak cepat di setiap medan,menembak tepat pada sasaran,pengintaian dan anti teror.Pasukan yang bermarkas di Cijantung Jakarta Timur ini harus menempuh pendidikan selama 7 bulan untuk dapat lolos menjadi anggotanya. Pendidikan baret meah ini mulai dari tahap basis di Batujajar,tahap gunung dan hutan di Situlembang dan tahap rawa laut di Cilacap.Menu latihan berupa menembak tepat,latihan fifik,beladiri,penggunaan senjata tradisional hingga pendekatan kepada masyarakat.
Kopasus

Komando Pasukan Khusus atau sering disebut Kopasus adalah pasukan khusus dari TNI angkatan darat.Pasukan baret mehah ini mempunyai kemampua khusus bergerak cepat di setiap medan,menembak tepat pada sasaran,pengintaian dan anti teror.Pasukan yang bermarkas di Cijantung Jakarta Timur ini harus menempuh pendidikan selama 7 bulan untuk dapat lolos menjadi anggotanya.
Pendidikan baret meah ini mulai dari tahap basis di Batujajar,tahap gunung dan hutan di Situlembang dan tahap rawa laut di Cilacap.Menu latihan berupa menembak tepat,latihan fifik,beladiri,penggunaan senjata tradisional hingga pendekatan kepada masyarakat.

Kehebatan Pasukan elit Kopasus sangat disegani Dunia.Berdasarkan urutan pasukan elite dunia versi Discovery Channel Military edisi 2008, Kopassus berada di posisi tiga pasukan elite dunia.
Beberapa operasi yang berhasil dilaksanakan Kopasus seperti Operasi pembebasan pesawat Woyla dari pembajakan pada tahun 1981.Operasi ini berhasil membebaskan pesawat Woyla beserta isinya yang disanda oleh para teroris.
Operasi pembebasan sandra di Mapenduma Papua dari OPM,operasi ini berlangsung pada 8 januari 1996 hingga  9 Mei 1996 .Selama kurang lebih 130 hari,kopasus berhasil menyelamatkan sandra yang terdiri 26 orang yang sebagian besar merupakan peneliti dalam Ekspedisi Lorentz 95.

Dalam hal menembak juga kehebatan Kopasus mampu mengungguli negara lain.Kopasus yang tergabung dalam kontingen menembak TNI AD berhasil menjadi Juara Umum selama 12 kali dalam ajang The ASEAN Armies Rifle Meet (AARM).Dan ditingkat dunia Kopasus juga mampu menyabet juara umum dalam kompetisi Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) selama 10 tahun terakhir.

2.PASKHAS
 Pasukan Khas atau Paskhas adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Udara yang dimiliki Indonesia. Pasukan baret jingga ini berperan dalam operasi pembentukan dan pengoprasian pangkalan udara. Paskhas TNI-AU sebagai pasukan khusus Angkatan Udara satu-satunya dan berkualifikasi terlengkap didunia ini memiliki berbagai kemampuan tempur khas matra udara seperti Pengendali Tempur (Dalpur), Pengendali Pangkalan (Dallan), SAR Tempur, Jumping Master, Pertahanan Pangkalan yang meliputi pertahanan horizontal (Hanhor) dan pertahanan vertikal (Hanver), Penangkis Serangan Udara, jungle warfare, Air Assault (Mobud), Raid operation hingga kemampuan anti teror aspek udara atau yang dikenal sebagai ATBARA (Anti Pembajakan Udara). Selain itu Paskhas TNI-AU juga mahir untuk bertempur di hutan, perkotaan,laut maupun pantai.
Paskhas TNI AU

Pasukan Khas atau Paskhas adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Udara yang dimiliki Indonesia.
Pasukan baret jingga ini berperan dalam operasi pembentukan dan pengoprasian pangkalan udara.
Paskhas TNI-AU sebagai pasukan khusus Angkatan Udara satu-satunya dan berkualifikasi terlengkap didunia ini memiliki berbagai kemampuan tempur khas matra udara seperti Pengendali Tempur (Dalpur), Pengendali Pangkalan (Dallan), SAR Tempur, Jumping Master, Pertahanan Pangkalan yang meliputi pertahanan horizontal (Hanhor) dan pertahanan vertikal (Hanver), Penangkis Serangan Udara, jungle warfare, Air Assault (Mobud), Raid operation hingga kemampuan anti teror aspek udara atau yang dikenal sebagai ATBARA (Anti Pembajakan Udara).
Selain itu Paskhas TNI-AU juga mahir untuk bertempur di hutan, perkotaan,laut maupun pantai.

Beberapa operasi yang pernah dilakukan oleh Korps Paskhas seperti Operasi Trikora tahun 1962 di Irian Barat.Pada operasi itu pasukan baret jingga itu menerjunkan hingga 532 orang personilnya.Kemudian Operasi Dwikora pada tahun 1964 di Malaysia.
Dan dalam operasi Seroja pada tahun 1975 ,pasukan ini bertugas membentuk pangkalan udara operasi dan pengamanannya.


3.DENJAKA

Denjaka adalah Datasemen Jalamangkara suatu kesatauan penanggulangan teror aspek laut yang dimiliki kesatuan Tentara Nasional Indonesia. Pasukan Denjaka adalah Pasukan Elit yang berisikan tentara-tentara pilihan dari  Komando Pasukan Katak (Kopaska)  dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI-AL. Pasukan baret ungu itu mulai aktif sejak 4 November 1984.
Denjaka TNI AL

Denjaka adalah Datasemen Jalamangkara suatu kesatauan penanggulangan teror aspek laut yang dimiliki kesatuan Tentara Nasional Indonesia.
Pasukan Denjaka adalah Pasukan Elit yang berisikan tentara-tentara pilihan dari  Komando Pasukan Katak (Kopaska)  dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI-AL.
Pasukan baret ungu itu mulai aktif sejak 4 November 1984.

Beberapa prestasi yang sempat tersiar adalah operasi SAR AirAsia QZ8501 pada akhir tahun 2014.Bersama dengan Taifib, Kopaska dan Basarnas Special Group, 53 orang terbaik Denjaka ikut menyelam mengevakuasi penumpang Air Asia yang jatuh di Selat Karimata walau cuaca sedang ekstrem.

Itulah sekilas tentang pasukan khusus TNI yang dimiliki oleh Indonesia.Mereka akan berada di garda terdepan apabila Indonesia terancam.

Terimakasih TNI ku, Jayalah di darat , laut dan udara.

sumber :
@id.wikipedia.org/wiki/Korps_Pasukan_Khas
@id.wikipedia.org/wiki/Komando_Pasukan_Khusus
@id.wikipedia.org/wiki/Detasemen_Jalamangkara

Click to comment