-->

Monster Laut Itu Bernama Denjaka

advertise here

Monster Laut Itu Bernama Denjaka

Denjaka adalah Datasemen Jalamangkara suatu kesatauan penanggulangan teror aspek laut yang dimiliki kesatuan Tentara Nasional Indonesia. Pasukan Denjaka adalah Pasukan Elit yang berisikan tentara-tentara pilihan dari  Komando Pasukan Katak (Kopaska)  dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI-AL. Pasukan baret ungu itu mulai aktif sejak 4 November 1984.
Denjaka ( Datasemen Jalamangkara)


Denjaka adalah Datasemen Jalamangkara suatu kesatauan penanggulangan teror aspek laut yang dimiliki kesatuan Tentara Nasional Indonesia.
Pasukan Denjaka adalah Pasukan Elit yang berisikan tentara-tentara pilihan dari  Komando Pasukan Katak (Kopaska)  dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI-AL.
Pasukan baret ungu itu mulai aktif sejak 4 November 1984.


Dikutip dari Bintang.com (1/4/2016) kekuatan 1 personel Denjaka setara dengan 120 personel TNI biasa.Untuk membentuk pasukan elit ini dibutuhkan latihan dan pendidikan yang tentu tidak mudah.
Pasukan Denjaka harus melalui pendidikan di Bumi Marinir Cilandak selama 6 bulan.Porsi latihan yang diberikanpun terbilang sangat berat yaitu Tangan dan kaki mereka diikat kemudian di laut,pasukan denjaka di tuntut untuk bisa melepaskan diri.
Latihan pertahanan hidup juga menjadi menu wajib yang harus dijalani.Pasukan Denjaka harus bertahan hidup berminggu-minggu di dalam hutan dan hanya dibekali garam.

Tak hanya di laut,Pasukan Denjaka juga menguasai asepek darat dan udara.Salah satu latihan aspek udara ini ialah mereka harus terjun dari pesawat dengan ketinggian yang tidak terdeteksi oleh musuh dan harus mendarat pada titik yang telah diinstruksikan.
Denjaka memiliki peran yang sangat penting dalam operasi anti teror.Seperti Anti bajak kapal laut , anti bajak pesawat udara,segala bentuk teror di laut darat maupun udara, sabotase , Intelejen dan Kontra Intelejen.
Aktivitas Denjaka sangatlah rahasia sehingga jarang sekali terdengar pemberitaanya.

Beberapa prestasi yang sempat tersiar adalah operasi SAR AirAsia QZ8501 pada akhir tahun 2014.Bersama dengan Taifib, Kopaska dan Basarnas Special Group, 53 orang terbaik Denjaka ikut menyelam mengevakuasi penumpang Air Asia yang jatuh di Selat Karimata walau cuaca sedang ekstrem.

Itulah sekilas tentang Monster Laut yang dimiliki Indonesia yaitu Pasukan Denjaka.

sumber :
@id.wikipedia.org/wiki/Detasemen_Jalamangkara
@www.bintang.com/lifestyle/read/2472506/kenalan-dengan-pasukan-denjaka-kekuatan-1-orang-120-tni-biasa
@nkri-sejati.blogspot.com/2016/12/denjaka-pasukan-elit-terkuat-indonesia.html

Click to comment